Home » , , , » Biografi Soeharto Lengkap

Biografi Soeharto Lengkap

Selebriti Profil - Almarhum Soeharto, merupakan salah satu Tokoh besar di Indonesa, beliau sudah menjabat sebagai presiden selama lebih dari 30 tahun, banyak menuai kontroversial, pro dan kontra. Seorang mantan presiden Indonesia yang memiliki nama lengkap Jend. Besar TNI Purn. Haji Muhammad Soeharto telah menutup usia nya pada 27 Januari 2008 pada umur nya yang ke 86 tahun. Berikut Biografi Lengkap Soeharto.



Sebelum menjadi presiden, Soeharto adalah pemimpin militer pada masa pendudukan Jepang dan Belanda, dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal. Setelah Gerakan 30 September, Soeharto menyatakan bahwa PKI adalah pihak yang bertanggung jawab dan memimpin operasi untuk menumpasnya. Operasi ini menewaskan lebih dari 500.000 jiwa.

Nama Lengkap : H. Muhammad Soeharto
Nama Panggilan : Soeharto
Tanggal Lahir     :  28 Maret 1966
Tempat Lahir     :  Kemusuk, Bantul, Yogyakarta, Hindia Belanda
Nama Istri         : Tien Soeharto
Meninggal         : 28 Januari 2008

Soeharto kemudian mengambil alih kekuasaan dari Soekarno, dan resmi menjadi presiden pada tahun 1968. Ia dipilih kembali oleh MPR pada tahun 1973, 1978, 1983, 1988, 1993, dan 1998. Pada tahun 1998, masa jabatannya berakhir setelah mengundurkan diri pada tanggal 21 Mei tahun tersebut, menyusul terjadinya Kerusuhan Mei 1998 dan pendudukan gedung DPR/MPR oleh ribuan mahasiswa. Ia merupakan orang Indonesia terlama dalam jabatannya sebagai presiden. Soeharto digantikan oleh B.J. Habibie.

Peninggalan Soeharto masih diperdebatkan sampai saat ini. Dalam masa kekuasaannya, yang disebut Orde Baru, Soeharto membangun negara yang stabil dan mencapai kemajuan ekonomi dan infrastruktur. Suharto juga membatasi kebebasan warganegara Indonesia keturunan Tionghoa, menduduki Timor Timur, dan dianggap sebagai rezim paling korupsi sepanjang masa dengan jumlah $AS 15 miliar sampai $AS 35 miliar. Usaha untuk mengadili Soeharto gagal karena kesehatannya yang memburuk. Setelah menderita sakit berkepanjangan, ia meninggal karena kegagalan organ multifungsi di Jakarta pada tanggal 27 Januari 2008.

0 komentar:

Posting Komentar

Request Profil dan Tulis komentar kamu disini ya :)